OOP (Object Oriented Progamming ) adalah metide pemrogaman yang mengikuti konsep-konsep berorientasi object. Yakni encapsulasi (pengkapsulan), inheritance (pewarisan), polimorfisme (keragaman/ bentuk lain).
1. Kelas dan Object
Kelas adalah definisi umum untuk himpunan object sejenis, merupakan bentuk logic. Dimana seluruh bahasa berorientasi objek dibangun yang mendefinisikan bentuk dan sifat/ perilaku (behaviour) dari sebuah objek. Objek adalah benda secara fisikn atau konseptual.
Contoh kelas, misalnya ada data mahasiswa dengan atribut: nomor mahasiswa, nama, jurusan, dan alamat. Berdasarkan data tersebut, bias dibuwat sebuah kelas yang bernama mahasiswa dengan atribut/ property: no_mhs, nama, jurusan dan alamat.
Berikut contoh penulisan program:
Class Mahasiswa{
String noMhs;
String nama;
String alamat;
String jurusan;
Mahasiswa (){
noMhs=”0809852643”;
nama=”Zidan”;
alamat=”Jl. Gejayan 34m yogyakarta”;
jurusan=”Sistem Informasi”;
}
Piblick void tampil (){
System.out.printIn (“Nomor Mhs :”+noMhs);
System.out.printIn (“Nama :”+nama);
System.out.printIn (“Alamat :”+alamat);
System.out.printIn (“Jurusan :”+jurusan);
}
Diposting oleh
OOp.Qta Blog
0 komentar:
Posting Komentar